Senin, 14 Maret 2011

CERITA TSUNAMI DI JEPANG


Tanggal 11 Maret 2011 gempa bumi besar berkekuatan 8.9 SR melanda Jepang Utara, memicu tsunami yang kabarnya menyapu mobil, bangunan dan puing-puing lainnya. Badan Meteorologi Jepang memperkirakan tsunami lebih besar di daerah tersebut, dengan beberapa diantaranya diperkirakan mencapai lebih dari 30 kaki (10 m) di lepas pantai Hokkaido, pulau kedua terbesar di Jepang. Tsunami juga dihasilkan di lepas pantai Hawaii, yang dapat menyebabkan kerusakan di sepanjang garis pantai dari semua pulau di negara bagian Hawaii, menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (Pacific Tsunami Warning Center). Peringatan tsunami yang berlaku di Hawaii juga.





Bencana menyerang lagi pada Sabtu, 12 Maret, sekitar 26 jam setelah gempa, sebuah ledakan di reaktor No 1 di Fukushima Daiichi Nuclear Power Station Nuklir disebabkan salah satu bangunan runtuh ke tanah. Sistem pendingin di reaktor gagal tak lama setelah gempa. Para pejabat khawatir bahwa krisis dapat terjadi, dan bahan radioaktif dideteksi di luar pabrik. Ketakutan ini terwujud pada hari Minggu, ketika para pejabat mengatakan mereka percaya bahwa kebocoran reaktor parsial terjadi pada No 1 dan No 3. Sistem pendinginan pada pabrik lain, Fukushima Daini juga terganggu, namun situasi di sana tampaknya kurang berbahaya. Lebih dari 200.000 warga diungsikan dari daerah sekitarnya. Masalah itu kemudian dilaporkan juga pada dua fasilitas nuklir lainnya. Selasa, dua ledakan lagi dan api sudah pejabat dan pekerja di Stasiun Fukushima Daiichi Tenaga Nuklir berjuang untuk mendapatkan kembali kontrol dari empat reaktor. Api, yang terjadi di reaktor Nomor 4, dirilis radioaktif langsung ke atmosfer. Pemerintah Jepang mengatakan kepada orang yang tinggal dalam jarak 20 mil dari pabrik Daiichi tinggal di dalam rumah, tidak menggunakan AC, dan menjaga jendela tertutup. Lebih dari 100.000 orang di daerah tersebut. Pada hari Rabu, 16 Maret sementara pekerja keamanan masih berusaha menahan api di reaktor Nomor 4, para pejabat mengumumkan bahwa reaktor No 3 mungkin telah pecah dan tampak melepaskan uap radioaktif. Menurut Tokyo Electric Power, operator pabrik, 5 pekerja tewas dan 22 lainnya menderita berbagai cedera sejak gempa.

Pada konferensi pers pada hari Minggu, Perdana Menteri Naoto Kan menegaskan titik berat situasi. "Saya berpikir bahwa gempa bumi, tsunami, dan situasi pada reaktor nuklir kami membentuk krisis terburuk dalam 65 tahun sejak perang. Jika bangsa bekerja sama, kami akan dapat mengatasinya," katanya. Pemerintah memanggil 100.000 pasukan untuk membantu upaya bantuan. Penyebaran ini adalah yang terbesar sejak Perang Dunia II.

Tsunami di Jepang mengingatkan pada bencana tahun 2004 di Samudra Hindia. Pada 26 Desember, gempa berkekuatan 9,0 SR gempa bumi terbesar dalam 40 tahun terakhir pecah di Samudra Hindia, lepas pantai barat laut pulau Sumatera Indonesia. Gempa bumi menimbulkan tsunami paling mematikan dalam sejarah dunia, begitu kuat bahwa gelombang menyebabkan hilangnya kehidupan di pantai Afrika dan bahkan terdeteksi di Pantai Timur Amerika Serikat. Lebih dari 225.000 orang meninggal dari bencana, setengah juta terluka, dan jutaan kehilangan tempat tinggal.

Jepang di dunia ini adalah negara yang tercatat paling banyak mengalami tsunami di dunia. Tsunami sering terjadi di Jepang. Hampir sepertiga dari seluruh tsunami besar yang tercatat terjadi di negara itu.

Kata "tsu-nami" dalam bahasa Jepang berarti "gelombang di pelabuhan". Nama yang berasal dari pengalaman nelayan di sana yang mana mereka hanya kembali dari laut ke pelabuhan yang aman ketika mereka menemukan kerusakan mengerikan yang disebabkan gelombang pada pantai. Tsunami dihasilkan oleh perpindahan cepat dari sejumlah besar air dengan perpindahan dari dasar laut yang dipicu oleh gempa bumi atau tanah longsor, juga oleh ledakan yang disebabkan oleh letusan gunung berapi atau dampak meteorit. Samudra Pasifik dikelilingi oleh batas-batas yang aktif dari lempeng tektonik litosfer, hampir 53% dari tsunami di seluruh dunia terjadi di sini dan 82% dari mereka yang disebabkan oleh gempa bumi.

Sejarah tsunami di Jepang

Pada tanggal 29 Nopember 684 M terjadilah gempa hebat di Hakuho yang diprakirakan berkekuatan 8.4 skala Richter. Jepang mencatat ada sekitar 20 tsunami dahsyat yang pernah terjadi di sana. Sebuah gempa di lepas pantai utara-timur juga menghasilkan tsunami besar pada tanggal 13 Juli 869. Tertulis di dalam "Nihon Sandai Jitsuroku" disusun pada tahun 901.

Sebuah gempa bumi pada tahun 1923 pernah meratakan Tokyo dan Yokohama, Jepang, menewaskan lebih dari 140.000 orang.

Penanganan gempa di Jepang

Jepang memiliki beberapa organisasi yang menangani bencana alam diantaranya Japan Metorological Agency (JMA), Geology Survey Japan (GSJ) dan Earth Remote Sensing Data Analysis Center (ERSDAC).

Sebagai badan utama, JMA mengoperasikan jaringan pengamatan gempaberupa 200 alat seismograf dan 600 seismik intensif. Mereka juga mengumpulkan data dari 3.600 alat pengukur seismik yang dikelola pemerintah daerah dan National Research Institute for Earth Science and Disaster Prevention (NIED). Data ini juga masuk di bagian Earthquake Phenomena Observation System (EPOS) di Tokyo dan Observatorium Meteorologi di distrik Osaka.


Ketika gempa terjadi, JMA segera mendapatkan informasi mengenai hiposenter, magnitudo gempa dan intensitas seismik. Jika intensitas gempa lebih besar dari tiga, lembaga ini segera mengeluarkan laporan gempa. Informasi biasanya keluar kurang dari setengah menit setelah gempa.


Selanjutnya, informasi diberikan kepada pejabat pencegahan bencana melalui jaringan komunikasi khusus untuk mencapai masyarakat di sektiar gempa lewat pemerintah daerah dan media. Bagi Jepang, informasi ini berperan sangat penting untuk memulai operasi penyelamatan terkait gempa dan dampak lanjutan, tsunami misalnya. Intensitas gempa di Jepang menggunakan skala 1 sampai 7 dengan nilai 7 tertinggi.


Sistem Peringatan Dini Gempa Jepang memberikan pengumuman perkiraan intensitas seismik dan estimasi perkiraan waktu kedatangan gerak pokok pada saat gempa awal terjadi. Estimasi ini didasarkan pada analisis segera fokus gempa dan gelombang besar dengan menggunakan data yang diperoleh dari seismograf di dekat pusat gempa.


Sistem Peringatan Dini Gempa ditujukan untuk mengurangi kerusakan gempa terkait dengan tindakan pencegahan yang memungkinkan seperti segera memperlambat kereta, mengendalikan lift untuk menghindari bahaya dan memungkinkan orang untuk dengan cepat melindungi diri di berbagai lingkungan seperti pabrik, kantor, rumah dan dekat tebing.


Untuk tsunami sendiri, setelah Gempa, JMA langsung memperkirakan kemungkinan tsunami dari data observasi seismik. Jika tsunami mungkin terjadi di daerah pesisir, JMA mengeluarkan peringatan Tsunami sekitar dua menit setelah gempa. Jika tsunami terjadi di wilayah yang jauh, JMA akan melakukan koordinasi langsung dengan Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii.


Di Jepang, wilayah paling berbahaya adalah kawasan gempa Tokai, biasanya gempa berkekuatan di atas 8 SM. Ini terletak di daerah Suruga Bay. Mekanisme yang mereka lakukan sangat terperinci di mana setiap badan harus tahu seluruh kejadian saat berlangsung.


Persiapan detil memang harus dilakukan mengingat Jepang memiliki 108 gunung vulkanik aktif dengan sekitar 15 gempa vulkanik setiap tahun.





1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks for info jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2ATcxRG